PT Astragraphia Xprins Indonesia Dukung Pengadaan Barang yang Bersih dan Akuntabel di Sumatra Selatan


Senin (15/10/2018), saya turut hadir dalam Press Conference bersama PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI). Kegiatan ini bertujuan untuk melanjutkan kembali sosialisasi dan edukasi implementasi e-katalog LKPP di Provinsi Sumatra Selatan melalui layanan e-commerce Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Government (B2G), AXIQoe.com. Hal ini dilakukan guna mendukung good governance di Provinsi Sumatra Selatan sehingga dapat bersama-sama menjadi bagian dari ekosistem untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, sekaligus mendorong terciptanya disiplin anggaran bagi tumbuhnya aktivitas usaha di Palembang dan kota-kota lainnya.

(Foto: MurniOktarina)
Searah dengan kebijakan Pemerintah Sumatra Selatan untuk mempercepat penyerapan anggaran sebagai salah satu motor pendorong pertumbuhan ekonomi daerah, berdasarkan data Bank Indonesia dalam Kajian Ekonomi Regional Sumatera Selatan bahwa alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumatera Selatan di tahun 2018 mencapai Rp13,8 triliun yang dialokasikan untuk pengadaan barang dengan anggaran sebesar Rp5,8 triliun (41,9%), serta belanja pegawai mencapai Rp4,4 triliun (32%) dengan realisasi/penyerapan anggaran secara keseluruhan mencapai 46,9%. 

Kegiatan pengadaan barang/jasa memang salah satu kegiatan untuk mendorong pembangunan infrastruktur, mulai dari tingkat ibukota provinsi hingga kabupaten. Pengadaan barang/jasa merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam upaya mereformasi penyelenggaraan pelayanan publik. Sejak dibentuknya Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), penyelenggaraan pengadaan barang/jasa pemerintah dilakukan secara elektronik dengan sistem e-procurement yang berlandaskan peraturan presiden (perpres) terbaru yakni Perpres No. 16 Tahun 2018.

Presiden Direktur PT AXI, Sahat Sihombing. (Foto: MurniOktarina)
"Pulau Sumatra memiliki tingkat penetrasi internet yang cukup tinggi di 47,2% dan lebih dari 25 juta orang menjadi pengguna internet di wilayah ini. Dukungan infrastruktur internet dan edukasi penggunaan layanan digital yang terus diperbaiki telah membantu percepatan implementasi pengadaan barang secara digital, transparan, dan aman di Provinsi Sumatra Selatan. Salah satunya melalui layanan e-commerce AXIQoe.com yang ada di dalam e-katalog LKPP, kami berkomitmen memberikan pilihan terbaik sekaligus  menjadi solusi untuk penyerapan anggaran yang lebih sehat serta meningkatkan akselerasi ekonomi pemerintahan menjadi lebih kompetitif dan terbuka,” jelas Presiden Direktur PT AXI, Sahat Sihombing dalam sosialisasi layanan AXIQoe.com di Exelton Hotel Palembang.

(Foto: MurniOktarina)
Sahat Sihombing juga menegaskan bahwa AXIQoe.com siap menjadi mitra terbaik untuk layanan e-commerce B2B dan B2G bagi jajaran pemerintahan Sumatra Selatan dan Kota Palembang dengan menyediakan Office Supplies dan Office Equipment melalui penawaran harga terbuka dan added value terbaik. Selain melalui e-katalog LKPP (B2G), Axiqoe.com juga sebagai penyedia untuk pengadaan langsung bagi kebutuhan seperti kertas atau peralatan perkantoran lainnya dengan mengakses  ke www.axiqoe.com bagi pelanggan B2G maupun B2B.

E-katalog sendiri menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang terbuka dan efisien. Melalui e-katalog, pembelian barang dan jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Satuan kerja hanya tinggal melakukan log in dan melakukan pembelian melalui www.e-katalog.lkpp.go.id. Tidak seperti mekanisme pengadaan melalui tender, pembelian melalui e-katalog tidak ada batasan nilai pembelian dan harga yang ditawarkan pun dapat dibandingkan dan dipertanggungjawabkan.


Layanan PrintQoe.com, CourierQoe, dan SpotQoe.com dari PT AXI

(Foto: MurniOktarina)
PrintQoe.com, CourierQoe, dan SpotQoe.com, ketiga layanan dari AXI hadir sebagai jawaban untuk memenuhi kebutuhan. PrintQoe.com adalah layanan online printing B2B dan B2G pertama di Indonesia, untuk print on demand dan variable printing secara real time, misalnya kebutuhan untuk cetak kartu nama, company profile, hingga buku training materials dan marketing collaterals seperti brosur, flyer, dan lain sebagainya.

CourierQoe merupakan layanan logistik dan distribusi B2B dan B2G yang dilengkapi dengan mobile tracking system sehingga mudah untuk memonitor pesanan barang hingga diterima dengan baik oleh pelanggan. CourierQoe ini merupakan layanan pendukung bagi AXIQoe.com dan PrintQoe.com dalam hal pendistribusian barang dan cetakan.

SpotQoe.com sendiri adalah  platform online untuk pemesanan ruang meeting dan event, dengan menyediakan lebih dari 2.500 ruangan di seluruh Indonesia yang dapat diakses melalui website dan aplikasi mobile. Kehadiran SpotQoe.com semakin memperluas lini bisnis AXI di platform digital. Sebagai info, di Palembang telah tersedia 13 tempat yang mendukung SpotQoe.com.
Para peserta dari berbagai media di Sumatra Selatan (Foto: MurniOktarina)


Tentang PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI):

PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) merupakan anak perusahaan dari PT Astra Graphia Tbk (AG) yang berinduk pada PT Astra Internasional Tbk (AI) di mana sebelumnya AXI merupakan bagian dari dua bisnis unit AG yang bernama Xprins yang telah berdiri sejak 19 February 1993 dan Layan Gerak yang berdiri sejak 18 Oktober 1994. Penyatuan kedua bisnis ini ke dalam satu perusahaan baru AXI yang resmi berdiri sejak 14 Februari 2014 di Jakarta, bertujuan untuk menunjang percepatan perkembangan bisnis Xprins, yang sekarang bernama PrintQoe, dan Layanan Gerak, sekarang bernama AXIQoe. Kini AXI memfokuskan diri pada pengembangan kegiatan usaha yang terkait dengan segala kebutuhan perkantoran dan perusahaan seperti: percetakan, kebutuhan perkantoran, jasa kurir (surat, paket maupun logistik), dan pemesanan space, melalui unit bisnis AXIQoe.com, PrintQoe.com, CourierQoe, dan SpotQoe.com.

Sesuai isi yang dimiliki perusahaan, sinergi empat solusi layanan AXIQoe.com, PrintQoe.com, CourierQoe, dan SpotQoe.com diharapkan dapat mentransformasikan AXI menjadi Office Services Preferred Partner di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk dan layanan PrintQoe, AXIQoe, CourierQoe, dan SpotQoe.com silakan kunjungi www.AXI.co.id, www.AXIQoe.com,  www.PrintQoe.com, dan www.SpotQoe.com.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

LOMBA MENULIS PUISI “JIKA INI ULANG TAHUN TERAKHIRKU”