Cara Mudah Memiliki Domain Sendiri (Mengubah blogspot.com menjadi .com/.id/.net/lain-lain)


okflash.net

Hai semuanya, kali ini aku mau berbagi tips nih seputar pengalamanku membeli domain dan mengaplikasikannya ke blogspot aku. Sebenarnya sudah lama banget aku pengen beli domain dan mengubahnya menjadi blog TLD (Top Level Domain). Akhirnya beberapa hari terakhir, jadi juga deh aku beli domain di www.rumahweb.com.

Kenapa beli di sana? Ini karena setelah aku baca-baca beberapa artikel di google, rumahweb.com sudah terpercaya sebagai penyedia nama domain. Ditambah lagi, harganya pas di kantong (ini syarat wajib banget). Sudah banyak yang memilih rumahweb.com sebagai tempat mendaftar domain, jadinya aku coba yang ini dong. Dan ternyata caranya mudah banget. Gak sampe 10 menit, blog aku sudah memiliki domain sendiri (gak ada embel-embel blogspot lagi). Hore! Kita mulai ya....

techcrunch.com

Jadi hal pertama, kalian kudu punya blog dulu di blogspot. Ya iyalah, kalau gak punya blog atau alamat internet  yang pengen kalian kasih identitas, untuk apa beli domain. Eh, bisa ding. Beli domain untuk blog teman. Baik banget, hihi....

Lanjut....

Cara Membeli Domain


Langkah pertama, kalian klik https://order2.rumahweb.com, kemudian masukkan nama yang kalian pilih, klik “cek domain”, terus akan keluar nama-nama domain yang tersedia beserta harganya. Kalau aku pilih yang .com, soalnya lebih umum (dan cukup murah tapi gak murahan, hehe).

Langkah kedua, kalian pilih domain yang tersedia dan centang simbol kotak di sebelah kiri nama domain pilihan kalian. Unruk pilih paket layanan, pada kategori, kalian bisa pilih “tidak menggunakan hosting” saja. Kemudian pada rekomendasi layanan tambahan, jangan dicentang. Atau jika membutuhkannya, bisa kalian pilih (ada biaya tambahan).

Langkah ketiga, kalian tidak melakukan pembayaran. Nah, di langkah ini kalian harus mendaftar dulu di rumahweb.com. Bisa daftar menggunakan email atau akun media sosial kalian. Setelah sukses, akan tampil review keranjang belanja kalian. Jika sudah oke, tinggal klik “check out”

Langkah terakhir, pilih metode pembayaran. Kemudian lakukan pembayaran dan konfirmasi. Setelah itu, kalian sudah berhasil punya domain sendiri. Nah, sekarang kalian tinggal pasang domain tersebut ke blogspot kalian. 

Cara Memasang Domain di Blogspot

Langkah pertama, masuk ke dashboard blogspot. Kemudian klik menu setelan/settings. Pada bagian penerbitan, klik “Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda”. Tuliskan nama domain kalian (jangan lupa tambahkan www ya), lalu klik simpan. Akan muncul peringatan “kesalahan”. Karena memang belum selesai kok, jadi jangan khawatir. Nah, kalian catat 2 DNS records yang tertera di sana. Ini akan kalian gunakan untuk dipasang pada pengaturan DNS domain.

Langkah kedua, kalian log in ke http://clientzone.rumahweb.com dan klik menu “domain” kemudian klik “list domain saya”, lalu klik “kelola domain”. Setelah itu pilih “managed DNS”. Jika muncul tulisan start, update, klik saja. Setelah itu pilih “add new record”.

Langkah ketiga, kalian perlu memasukkan kode DNS record yang kalian dapatkan dari langkah pertama tadi. Masukkan DNS record satu per satu. Untuk memudahkan, ini aku screenshot dari www.sugeng.id. Kalian bisa ikuti saja.

DNS pertama (www dan ghs.google.com)
Kemudian klik "add record".


DNS kedua (kode lainnya):


Klik “add record” lagi.

Nah setelah ini, kalian perlu memasukkan 4 DNS records lagi agar bisa diakses tanpa www.

DNS ketiga (IP/hostname):

Klik “add record” lagi.

Dan untuk DNS keempat, kelima, dan keenam, kalian tinggal masukkan 3 buah IP atau hostname di bawah ini:

216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Langkah terakhir, kalian kembali ke setelan blog, setelah itu klik “simpan”.

Akhirnya, tadaaa.... Selesai. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. :)

Comments

  1. kalo gak punya blog beli domain untuk apa?
    hmm meluruskan sebenernya domain gak harus untuk blog sih
    tapi bisa juga untuk tujuan lain online shop misalnya
    atau untuk situs perusahaan .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee...iya Mol. Kurang kata-kata lain, maksudnya kalau gak punya blog, website, pokoknya situs atau alamat-alamat internet (termasuk online shop, web perusahaan, dll). Makasih yaa 😘

      Delete
  2. Aku udh ada niat buat beli domain tapi bayarnya pake pay pal dan aku tak mengerti caranya haha. Jadi urung deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ganti metode pembayaran mungkin? Ehh atau beli di rumah web dek, pake transfer. 😆

      Delete
  3. DAFTAR ID GRATIS SABUNG AYAM ONLINE


    * KUNJUNGI SITUS KAMI DI *

    WWW.ID303.website


    MENANG BERAPAPUN, PASTI KAMI BAYAR !!! *

    minimal deposit 25rb , minimal wd 50rb


    BISA DEPOSIT DENGAN PULSA XL DAN TELKOMSEL


    * Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop :

    - WA : 08125522303

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MUSTIKA RATU-MINYAK ZAITUN OLIVE OIL