Produk Asuransi Syariah Sun Life Fasilitasi Penyaluran Wakaf Pasti, Kini, dan Nanti

sunlifesyariah.net

Sebagai muslim, tentu dengan sebaik mungkin kita akan melaksanakan perintah dan ibadah yang telah diwajibkan atau pun disunahkan. Ibadah yang diwajibkan tentu kita semua telah memahaminya. Untuk menambah pahala, maka selain melaksanakan ibadah wajib, kita akan berlomba-lomba untuk menunaikan amalan ibadah yang disunahkan. Salah satu amalan ibadah sunah adalah sedekah jariah. Sedekah jariah itu sendiri adalah amalan yang terus bersambung manfaatnya. Sedekah jariah termasuk dalam tiga amalan istimewa sebagaimana yang diterangkan dalam Hadis Riwayat Muslim:
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang saleh.”

Salah satu contoh sedekah jariah adalah berwakaf. Wakaf berarti menyedekahkan harta dengan menahan bentuk pokok dan menjadikannya sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah. Harta wakaf tidak boleh berkurang nilainya, tidak boleh dijual, dan tidak boleh diwariskan. Contoh amalan wakaf adalah memberikan tanah untuk dijadikan tempat ibadah. Selama tanah tersebut digunakan, selama itu pula pahala akan terus mengalir.

Apakah antara wakaf, zakat, dan infak itu sama? Tentu beda dong. Perbedaan antara wakaf, zakat, dan infak dapat dilihat dari jenis harta benda dan syarat masing-masing. Wakaf adalah bagian dari sedekah, namun harta benda yang diberikan memiliki syarat seperti yang telah dijelaskan di atas dan harus ada pihak ketiga (nazhir). Infak merupakan sedekah berupa harta benda yang tidak memiliki syarat seperti wakaf, misalnya memasukkan uang ke kotak masjid, sedangkan zakat itu sendiri ialah ibadah wajib yang merupakan salah satu dari rukun islam dan memiliki syarat tertentu.

Badan Wakaf Indonesia memperhitungkan potensi wakaf di Indonesia mencapai 180 Triliun Rupiah, namun pada tahun 2017, total penghimpunan dana wakaf baru mencapai 400 Miliar RupiahLalu apakah wakaf harus selalu berbentuk benda seperti tanah, rumah, dan sebagainya? Ternyata tidak

Pemahaman masyarakat yang menganggap objek hanya terbatas pada tanah atau bangunan, diduga menjadi salah satu hal yang membuat potensi wakaf belum optimal. Padahal wakaf benda bergerak seperti uang, surat berharga, atau kendaraan bisa diwakafkan oleh al waqif (orang yang berwakaf). Ya, dengan syarat uang atau benda bergerak tersebut tidak berkurang nilainya. Untuk itu, PT Sun Life Financial Indonesia mengeluarkan sebuah produk asuransi yang dapat memudahkan masyarakat dalam berwakaf.


Media dan para blogger Palembang

Dalam Acara Kopdar #WakafPastiKiniNanti pada Kamis (1/11) di Logo House Fashion Food & Bar Palembang, Chief of Sharia Business Sun Life Financial Indonesia, Norman Nugraha memberikan edukasi mengenai wakaf bersama produk asuransi syariah Sun Life, yang mengelola uang dengan wakaf kepada para peserta yang terdiri dari media dan para Blogger Palembang. 

Sun Life Financial merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang berdiri di Kanada pada tahun 1865. Perusahaan ini telah menjangkau skala global dalam kurun waktu 150 tahun dan telah beroperasi di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, serta memiliki total aset kelolaan sebesar CDN 944 miliar. Selama 23 tahun berdiri di Indonesia, Sun Life mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi. Seperti pada tahun 2017, perusahaan ini berhasil menggapai 11 penghargaan. Salah satunya adalah penghargaan Best Financial Performance Life Insurance Company untuk Kategori Asset Between IDR 6-10 Trillion dalam Indonesia Insurance Consumer Choice Award  2017 dari Majalah Warta Ekonomi.

Setelah tahun lalu PT Sun Life Finacial Indonesia meluncurkan wakaf manfaat asuransi untuk produk asuransi syariahnya, pada Agustus tahun ini Sun Life memosisikan ulang Produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima (ABHM) dengan menambahkan fasilitas baru yakni wakaf berkala. Inovasi dari produk ABHM ini memungkinkan nasabah untuk merencanakan keuangan masa depan sekaligus berwakaf di saat yang bersamaan dengan pasti, kini, dan nanti.

Produk ABHM ini didukung agen berdedikasi dan tersertifikasi wakaf, yang dikeluarkan oleh Sun Life bekerja sama dengan DSN Institute dan Badan Wakaf Indonesia. Selain itu, Sun Life bekerja sama dengan dengan lembaga pengelola asset wakaf (nazhir) terpercaya yaitu Badan Wakaf Indonesia, Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf, dan 174 lembaga yang terdaftar di Badan Wakaf Indonesia.


Chief of Sharia Business Sun Life Financial Indonesia, Norman Nugraha

“Melalui produk ini, kami ingin mengedukasi sekaligus membantu masyarakat agar dapat berwakaf dengan pasti, kini, dan nanti. Lebih pasti dengan tanpa potongan (100% langsung disalurkan) dan didukung dengan mitra nazhir terpercaya. Dapat dilakukan sedini mungkin dengan dana wakaf yang langsung disalurkan sejak pembayaran kontribusi yang pertama dan untuk selanjutnya sesuai frekuensi pembayaran kontribusi yang dipilih nasabah. Kemudian dapat membantu melaksanakan wasiat berwakaf atas manfaat asuransi dan investasi ketika nasabah meninggal dunia.” jelas Norman Nugraha kepada peserta kopdar.

Sun Life berharap dari adanya produk ABHM ini, dapat memberikan nilai-nilai yang bermanfaat untuk nasabah dan masyarakat. Nilai-nilai tersebut adalah nilai kebaikan, ibadah, sedekah jariah, dan nilai kontribusi untuk membangun Indonesia. Sebab di dalamnya terdapat manfaat dan hikmah berwakaf, di antaranya kita dapat membantu mereka yang membutuhkan, berkontribusi untuk masyarakat, dan kita pun mendapatkan pahala yang terus mengalir sebagai amal jariah. Jadi tidak ada alasan lagi untuk menunda berwakaf, bukan? karena #lebihbaik sekarang dari pada terlambat.


Foto bareng usai acara

Beli pempek kapal selam di Jalan A. Yani
Pempek dimakan bersama keluarga tercinta
Berwakaf dengan pasti, kini, dan nanti
Bersama Asuransi Brilliance Hasanah Maxima

Komentar

  1. Dari event ini jadi makin ngerti mengenai wakaf ya mbak. Jadi pingin ikut beransuransi syariah jg heheh

    BalasHapus
  2. Cakepp pantunnya. 😀 Btw,kini jadi lebih paham nih soal wakaf..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, pantun ala-ala😄
      Iya bu, sekarang jadi lebih tau soal wakaf😆😊

      Hapus
  3. Keren banget. Saya dan suami tertarik sekali sama AHBM ini

    BalasHapus
  4. Mantap nih postingannya. Lengkap. ☺️👍

    BalasHapus
  5. Wahhh... nambah pengetahuan baru nih soal asuransi.

    BalasHapus
  6. Ilmu tentang wakaf auto nambah, keren banget produknya, selain menjamin kehidupan dunia tp juga memberikan solusi untuk akhirat kelak

    BalasHapus
  7. ".. Kemudian dapat membantu melaksanakan wasiat berwakaf atas manfaat asuransi dan investasi ketika nasabah meninggal dunia."

    Jd ini asuransi sekaligus berwakaf atau berwakaf sekaligus asuransi mbak?
    Wakaf tidak ada potongan, kemudian asuransinya bagaimana?

    Menarik mbak, meskipun masih bingung bagaimana mengaitkan antara wakaf dan asuransi tersebut. Krn tidak mungkin sun life membuang imagenya sebagai bagian dari asuransi.

    BalasHapus
  8. Sebagai muslim, kita harus senantiasa mempopulerkan produk2 syariah salah satunya ya ikut program asuransi syariah berwakaf dari sunlife ini. :)

    BalasHapus
  9. Ikut asuransi itu yang pasti-pasti aja yaa, kayak di Sun Life, pasti...

    BalasHapus
  10. Masyaallah, baru ini ada asuransi yang gak bikin bangkrut, malah nambah tabungan amal nantinya...

    BalasHapus
  11. Wah, dpt proteksi plus sekalian ibadah ya..

    BalasHapus
  12. Datang ke event ini jadi mengerti jika potensi wakaf di Indonesia itu bisa mensejahterakan Indonesia

    BalasHapus
  13. Alma jadi mau juga berinvestasi pake produk ABHM Sun Life ini.dia punya visi misi yg mulia dan programnya menguntungkan sekali ya mbak

    BalasHapus
  14. Ilmu baru nih. Wakaf bisa pakai uang dan diikutkan sama premi asuransi. Wakaf biasanya tanah atau bangunan ya... Menarik, mbak!

    BalasHapus
  15. Wah ini keren ga, bisa berinvestasi sekaligus beramal

    BalasHapus
  16. Asuransi ini memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk berwakaf, tidak perlu menunggu memiliki uang yang banyak.

    BalasHapus
  17. lewat sharing ini yang aku suka itu membuka wawasan kita bahwa wakaf gak sekedar tanah dan benda saja, uang pun bisa dijadikan wakaf lewat pengelolaan uang yang baik

    BalasHapus
  18. Baiklah, jadi berwakaf gag harus nunggu jadi kaya raya dulu ya kak hahaaa Makasii sharing-nya kak :)

    BalasHapus
  19. Aku dl pernah jadi agen sunlife juga kak.. dan memang bagus serta nilai investasinya wuiiiihhh cocok bt imvestasi masa dpn

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOMBA MENULIS PUISI “JIKA INI ULANG TAHUN TERAKHIRKU”