Sunday, 22 November 2020

7 Cara Mudah Menulis Artikel SEO

Jika kalian adalah seorang blogger atau seorang penulis artikel untuk website, tentunya artikel yang akan kalian tayangkan merupakan artikel yang harus berkualitas secara kaidah penulisan dan harus dapat memberikan performa baik di hasil mesin pencarian Google. Untuk itu, seorang blogger atau seorang penulis artikel harus menguasai cara menulis artikel SEO.

Apa itu SEO? Search Engine Optimization atau disingkat sebagai SEO adalah strategi mengoptimalkan laman web di mesin pencarian dengan teknik khusus yang telah ditentukan. Dengan teknik SEO laman web yang telah dioptimasi memungkinkan menempati urutan pertama di lama mensin pencarian dengan keyword tertentu. Dengan tujuan agar persentase pengunjung akan lebih besar.

Berikut 7 cara mudah menulis artikel SEO yang dapat kalian lakukan:

1. Pastikan Artikel Sudah Layak Baca

Cara menulis artikel SEO yang pertama kali ialah kalian harus sudah memastikan bahwa artikel yang akan ditayangkan merupakan artikel yang layak baca. Artikel yang layak baca setidaknya memenuhi salah satu unsur dari keempat unsur artikel, yaitu aktual, menarik, inspiratif, atau bermanfaat.

2. Perhatikan Kaidah Penulisan Artikel

Kaidah penulisan artikel sangatlah penting, apalagi untuk artikel SEO. Mulai dari penentuan tema, pemilihan judul, penggunaan kerangka tulisan, hingga kerapian dari tulisan itu sendiri. Jadi ketika kalian telah memperhatikan kaidah penulisan artikel, itu artinya kalian sudah melakukan cara membuat artikel yang benar.

3. Lakukan Riset Keyword

Dikarenakan SEO adalah teknik yang direkomendasikan oleh mesin pencarian, maka cara menulis artikel SEO selanjutnya yakni memilih keyword yang tepat. Sebab dengan keyword yang tepat, maka mesin pencarian akan lebih mudah menemukan artikel kalian. Seperti apa caranya? Sangat mudah.

Kalian cukup melakukan riset keyword. Kalkulasi keyword tersebut berdasarkan jumlah pencarian dan jumlah persaingan. Kalian bisa menggunakan Google Trends, Google Suggest, Uber Suggest, dan sebagainya. Kata yang diambil untuk keyword sebaiknya satu sampai empat kata saja ya.

4. Tentukan Keyword Utama dan Turunan

Setelah menemukan keyword yang tepat, selanjutnya kalian harus menentukan mana keyword yang akan menjadi keyword utama dan mana yang akan menjadi keyword turunannya. Untuk keyword turunan, kalian bisa menggunakan kata yang mirip atau sinonim dari keyword utama.

5. Terapkan Strategi Keyword

Cara menulis artikel SEO selanjutnya, kalian harus menerapkan strategi yang berkaitan dengan keyword yang telah kalian pilih. Strateginya yaitu:

- Letakkan keyword utama di 100 kata pertama artikel kalian.

- Sebarkan keyword. Dalam satu paragraf maksimal mengandung dua keyword saja.

- Keyword utama diulang minimal tiga kali dan keyword turunan minimal dua kali dalam satu artikel.

6. Masukkan Keyword Utama ke dalam Judul Artikel

Judul menjadi salah satu hal yang dapat memengaruhi artikel SEO. Selain judul yang menarik, judul pun harus mengandung keyword utama yang telah kalian pilih ya.

7. Utamakan Kenyamanan Pembaca (User Experience)

Salah satu hal penting di dalam cara membuat artikel yang benar, salah satunya adalah memerhatikan kenyamanan pembaca. Oleh sebab itu, cara terakhir dalam menulis artikel SEO adalah utamakan kenyamanan pembaca. Khusus untuk cara menulis artikel SEO ini, kalian harus menggunakan poin-poin dalam menulis artikel. Selain itu, dalam satu paragraf jangan sampai melebihi lima baris.

Itulah 7 cara yang dapat kalian praktikkan dalam menulis artikel SEO. Semoga bermanfaat. (MD)


Saturday, 14 November 2020

Randa Tahu Password HP Selfi?



Ranfi Lovers, pasti udah pada nonton 'kan ya video terbaru di Channel YouTube Selfi Yamma? Benar, video berjudul "Randa dan Selfi Yamma Lida Main Tebak Gaya" itu berhasil bikin dag dig dug hati para penggemar Randa-Selfi. Aksi menggemaskan sepasang jebolan LIDA 2018-yang katanya hanya sahabat dan adik kakak ini makin membuat netizen yakin bahwa ada hubungan spesial di antara mereka.

Video dibuka dengan tawa renyah dari Juara 1 LIDA 2018, Selfi atau yang biasa disapa dengan Ceppy. Konten kali ini merupakan konten lanjutan dari video di Channel YouTube Ryaas Randa sebelumnya, namun dengan games yang berbeda.

Si Tom and Jerry saling julid

Jadi, di dalam video tersebut pasangan yang dijuluki “Tom and Jerry” ini akan saling menebak kata lewat gaya yang diperagakan secara bergiliran. Sebelum memulai permainan, Randa sudah mulai menjahili Selfi. Ia duduk mepet-mepet ke Selfi dengan alasan biar masuk kamera. Selfi langsung protes dan memukul kaki Randa. Lalu mereka membuat pembatas di tengah-tengah menggunakan bantal dan boneka. Benar-benar lucu, kapan sih kalian akur?

Selfi berusaha gaya Randa

Selanjutnya, permainan pun dimulai. Berbagai gaya lucu, saling memukul, saling julid, bahkan aksi ngambek Randa, berhasil bikin penonton tak bisa menahan geli. Kolom komentar sudah penuh dengan Ranfi Lovers yang gemas sekaligus bahagia dengan kedekatan keduanya yang makin hari makin ada chemistry. Meski ditutupi dengan sikap keduanya yang saling menjahili satu sama lain, tapi seperti ada yang berbeda di antara Selfi dan Randa.

Beberapa netizen yang jeli, sempat memberikan komentar yang cukup mengejutkan. Ternyata di menit ke 9.38 – 9.39, Randa menyebut kata “Beb” kepada Selfi. Tapi sepertinya Selfi tidak menyadarinya. Andai Selfi mendengar ucapan Randa itu, dijamin akan ada keributan yang mengundang tawa para penonton.

Randa memainkan HP Selfi tanpa sepengetahuan Selfi

Usai permainan berakhir-saat Selfi akan menutup videonya, Randa mengambil HP Selfi dan memainkan HP tersebut tanpa disadari Selfi. Setelah sadar, Selfi terkejut dan langsung merebut kembali HP-nya.

“Aku gak pernah mengkepoi kamu ya!” protes Selfi ke Randa.

Randa hanya senyum-senyum jahil lalu berkata, “Itu chat dari siapa saja?”

“Nih dari Pak Aji, mana nih ...,” jawab Selfi sembari mengusap layar HP-nya.

“Tuh penonton kamu di-closing dulu biar bisa ganti judul lain.” ucap Randa mengingatkan.

Selfi pun tertawa.

“Nanti kita bahas yang itu ....” lanjut Randa.

Bagian inilah yang bikin para Ranfi Lovers curiga. Kenapa Randa bisa melihat isi HP Selfi? Apakah Randa tahu password HP Selfi? Kenapa Selfi berkata tidak pernah mengkepoi Randa? Kenapa Randa bertanya chat dari siapa saja? Kenapa Selfi berusaha menjelaskan? Kenapa Randa berkata akan membahas lagi hal tersebut?

Pertanyaan-pertanyaan di atas menjadi tanda tanya besar di masing-masing pikiran netizen, terutama Ranfi Lovers. Sebab HP Selfi layarnya sudah gelap karena ditinggalkan beberapa menit saat masih berlangsungnya permainan tebak gaya. Jadi bagaimana bisa Randa membuka HP Selfi kalau tidak tahu password-nya bukan?

Jika tidak ada apa-apa di antara mereka, kenapa hal tersebut seperti jadi masalah di antara keduanya sehingga perlu penjelasan lebih lanjut, seperti yang dikatakan Randa. Ah, hubungan kalian berdua benar-benar penuh misteri. Tapi semoga saja hubungan kalian nantinya menjadi seperti yang diharapkan oleh para Ranfi Lovers. Aamiin .... (MD)


*Ini video lengkapnya untuk kalian yang belum menonton keseruan Selfi dan Randa bermain tebak kata lewat gaya.



Thursday, 12 November 2020

7 Dampak Negatif Menggunakan Media Sosial

  


Saat ini media sosial sudah menjadi kebutuhan. Dengan teknologi internet sebagai pendukung, membuat media sosial menjadi trend. Kemunculan media sosial telah berhasil mengubah cara komunikasi yang kita lakukan. Dulu, saat ingin memberi kabar kepada keluarga atau teman di tempat jauh, kita harus berkirim surat atau menghubungi lewat telepon dengan menghabiskan sekian biaya. Kini dengan adanya media sosial, kita cukup menuliskan pesan singkat atau bertatap muka secara langsung dengan memanfaatkan fitur chat pada media sosial tersebut.

Selain itu, media sosial juga memberikan ruang kepada siapa saja untuk membagikan ide, cerita atau bahkan kenangan lewat foto dan video. Kita dapat berinteraksi dengan memberikan komentar atau memberikan like/emoticon. Tak jarang, dengan kehadiran media sosial dapat pula mempertemukan kembali teman-teman lama. Namun, di balik semua sisi positif dari kehadiran media sosial, ternyata dampak negatif pun mengintai para penggunanya. Berikut ini 7 (tujuh) dampak negatif menggunakan media sosial:

1. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Dampak negatif media sosial yang paling sering terjadi adalah timbulnya sikap membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Dalam media sosial, orang lain bebas membagikan foto apa saja, seperti pakaian yang baru dibeli, makanan yang baru dimasak, atau foto bersama pasangan dengan ekspresi bahagia. Dengan melihat foto tersebut, tanpa disadari kita akan membandingkan diri dengan orang lain. Hal tersebut akan membuat kita menjadi tidak percaya diri, minder, bahkan kemungkinan terburuknya kita akan berusaha dengan segala cara agar bisa sama dengan orang lain.

2. Cyberbullying

Dampak negatif media sosial yang belakangan ini banyak terjadi adalah adanya cyberbullying atau perundungan dunia maya. Dengan adanya media sosial, tentu peluang terjadinya perundungan tersebut semakin besar. Hal ini membuat korbannya lebih mudah mengalami depresi, kecemasan, ketakutan, atau bahkan memiliki niat untuk bunuh diri.

3. Mengurangi Hubungan di Dunia Nyata karena Asyik di Dunia Maya

Tanpa disadari saat berkumpul bersama keluarga atau teman, kita masih saja sibuk dengan handphone masing-masing. Biasanya saat berkumpul, kita hanya akan foto-foto lalu foto tersebut di-posting ke media sosial. Lalu setelah itu kita akan asyik sendiri membalas komentar atau mengecek berapa jumlah view dan like pada foto yang kita bagikan tersebut.

4. Menumbuhkan Penyakit

Media sosial memang membuat ketagihan para penggunanya. Kecanduan bermedia sosial membuat kita akan lupa waktu sehingga akan telat makan atau bergadang. Hal ini bila dilakukan terlalu sering, maka penyakit akan bersarang pada tubuh kita.

5. Mengganggu Privasi

Boleh saja membagikan momen menyenangkan bersama keluarga atau teman melalui media sosial. Akan tetapi, tidak semua informasi perlu diberitahukan kepada orang lain. Sebab semua itu dapat berpotensi disalahgunakan oleh pihak lain dan yang rugi tentu kita sendiri.

6. Mengurangi Prestasi dan Kinerja

Jika kita seorang karyawan, pelajar, atau pun mahasiswa yang bermain media sosial pada saat sedang mengerjakan pekerjaan tentu akan mengurangi waktu kerja dan waktu belajar. Nah hal ini akan mengurangi prestasi dan kinerja kita pula.

7. Beredarnya Pornografi

Media sosial merupakan media yang paling cepat memberikan informasi apa saja melalui tulisan, gambar, ataupun video, termasuk pornografi. Sungguh berbahaya ketika anak-anak/remaja yang tengah menggunakan media sosial sampai membaca tulisan atau melihat foto dan video yang tak sepantasnya.

 

Itulah ketujuh dampak negatif menggunakan media sosial yang secara langsung atau tak langsung akan menimpa para penggunanya. Semoga kita dapat menggunakan media sosial dengan bijak, sehingga dapat mengurangi dampak negatif dari penggunaa media sosial tersebut.

 

Saturday, 5 September 2020

Nyatanya Aku Serapuh Ini

 

Kau dan aku adalah tentang kebersamaan kita yang terpaksa. Sebab ada sebuah nama yang diam-diam kausebut dalam doamu. Ada sebuah kenangan yang diam-diam kauingat dalam memorimu. Ada sebuah hati yang diam-diam kaujaga. Ada sebuah harap yang diam-diam kaupendam dalam rasa.

Kini kauinginkan aku merelakan. Katamu keterpaksaan hanya akan berbuah luka. Kau minta aku untuk berhenti mengharapkan. Katamu semua adalah sia-sia.

Rupanya aku bukanlah angin yang kesejukannya mampu menenangkan gelisahmu. Aku bukanlah sebuah perahu yang dapat menyelamatkanmu saat kau berada di tengah lautan. Aku bukanlah bintang yang selalu kausapa saat kesunyian menghampiri malammu. Dan aku bukan lilin yang menerangimu saat kau membutuhkan cahaya dalam perjalanan.

Aku hanyalah sebatas kisah yang patah, yang telah kaulewati begitu saja. Kau berlari mengejarnya sementara aku menguatkan kerapuhan yang kuharap tak akan menjadi serpihan meski kautinggalkan.

Talang Ubi, 04 September 2020



Tuesday, 1 September 2020

Selamat Datang Hari Patah Hati!


Aku tahu, mencintai adalah sebuah keputusan. Bukan sebuah keputusasaan. Mencintai adalah pilihan, bukanlah sebuah harapan. Mencintai adalah sebuah kesiapan. Kesiapan untuk terluka. 

Padahal dulu aku yakin, bahkan sangat yakin bila hatiku telah siap dengan sempurna untuk terluka apabila suatu hari nanti kamu telah menemukan cintamu. Tapi aku salah. Aku tak pernah membayangkan lukanya bisa sepedih ini.

Kamu memang hebat! Puluhan purnama kamu mendekam di relungku. Dan aku bisa nyaman dengan kondisi itu.

Tapi aku melupakan satu hal. Kenyataan. Iya, kenyataan! Kenyataan bahwa akhirnya kamu akan bersama sebuah hati yang menjadi pilihanmu dan itu bukan aku.

Selamat datang hari patah hati. Hari ini kumohon biarkan mataku bersuara dalam rintiknya. Biarkan bibirku bergetar dalam tangisnya. Biarkan hatiku menyembuhkan sendiri lukanya.

Melepaskan. Begitulah seharusnya.

Mengikhlaskan. Begitulah semestinya.

Sebab mencintai itu berarti harus siap-siap untuk terluka. Sebab mencintai tugasnya hanyalah memberi hati bukan berharap sesuatu yang lebih. Sebab mencintai bukanlah memaksa. Sebab mencintai adalah keikhlasan.

Aku memang belum bisa berjanji untuk dapat melupakan, namun aku akan merelakanmu melakukan upacara perpisahan dengan hatiku. Meski hanya air mata yang mampu bersuara.

Kuucapkan selamat tinggal untukku, untuk cinta sendirianku. Biarkan ini menjadi kisah yang patah namun pernah ada indah di dalamnya. Bagaimanapun,  kamu adalah seseorang yang pernah kuingini walau aku bukanlah seseorang yang kauingini.

Selamat berbahagia untukmu. Dari aku, yang mencintaimu dalam diam.



Monday, 6 April 2020

Apa Kamu Belum Lelah, Corona?


Cor, kami suka beraktivitas di rumah. Kami suka jalanan yang tidak macet. Kami suka banyak orang yang lebih memerhatikan kesehatan dan kebersihan. Kami suka melihat anak-anak dekat dengan orang tuanya. Kami suka pula banyak orang yang meningkatkan ibadahnya.

Tapi kami tidak suka orang saling curiga. Kami sedih melihat masjid menjadi sunyi. Kami juga sedih banyak orang kesulitan mencari nafkah untuk keluarganya. Ah, apalagi setiap harinya ada saja keluarga yang kehilangan orang tercinta mereka.

Ya, keadaan mulai berubah....

Karena kamu, Cor.

Cor, kamu sudah cukup lama berada di bumi, 'kan?

Sudah banyak negara yang kamu kunjungi. Sudah banyak orang yang kamu ajak kenalan secara langsung.

Kami kaget karena kedatanganmu yang tiba-tiba. Kami belum mempersiapkan apa-apa untuk kamu, Cor.

Kamu pasti sudah tahu bukan?
Kami yang tidak siap malah lebih memilih pergi saat kamu datang.
Tapi ada juga yang masih berusaha menerima dan menemanimu, Cor.

Emm, namun kamu harus tahu. Menerimamu itu tidaklah mudah.

Lihatlah apa yang dikenakan pada tubuh kami!
Keringat bercucuran, bernapas juga kurang bebas, tapi itu semua tidak bisa ditanggalkan dari tubuh selama kamu masih bermain-main di sini.

Cor, kamu pasti senang ya sudah banyak yang mengenalmu. Kamu sudah berkeliling dunia-ke mana saja yang kamu inginkan.
Apa kamu belum lelah, Corona?

Kamu sudah masuk televisi, koran, media online. Beritamu di mana-mana. Setiap saat ada saja kabar tentangmu. Orang tua, dewasa, remaja, anak-anak, tidak ada yang tidak tahu tentang kamu. Kamu terkenal melebihi artis paling terkenal di dunia ini.

Apa itu belum cukup, Cor?

Sekarang kamu pulang ya.

Kamu bisa beristirahat di tempatmu, jangan di bumi ini. Tuhan kita pasti menyediakan tempat yang lebih nyaman untukmu.

Kamu pulang ya, Cor. Please....

Sebentar lagi bumi kedatangan tamu agung, Cor. Namanya Ramadan. Tidak mungkin bagi kami melayani dua tamu sekaligus. Jadi harus bergantian.

Izinkan kami berjumpa dengan Ramadan dalam kedamaian. Biarkan kami menikmati kehadiran Ramadan dalam keadaan seperti semula, sebelum kamu hadir di sini, Cor.

Saat menemui Ramadan, kami harus dalam keadaan bersih dan sehat. Kamu telah mengajarkan itu.

Saat bersama Ramadan, kami harus banyak beribadah dan kamu juga telah mengingatkan itu.

Tapi saat Ramadan di sini, kami akan sering berkumpul bersama dalam masjid, Cor. Kami harus lebih giat belajar dan bekerja. Kami butuh silaturahmi.

Kamu pulang ya, Cor.

Cor, kami mengucapkan banyak terima kasih atas seluruh pelajaran yang telah kamu berikan pada kami.

Tapi biarkan semua menjadi kenangan.
Kamu pulang ya, Cor.

Selamat tinggal dan jangan kembali.


Palembang, 06 April 2020

-Murni-

Saturday, 4 April 2020

PUISI - KARENA IA (YANG BERNAMA CORONA)


Ia datang bukan atas undangan
Bukan pula karena sebuah kesengajaan
Ia menyebari bumi, menemui yang diinginkan
Tanpa pernah tahu, tanpa ada persiapan

Lalu, seketika banyak yang berubah
Sekejap saja negeriku dan negerimu menggelisah
Rumah sakit dipenuhi pasien yang makin bertambah
Dokter dan tim medis bertaruh nyawa dalam lelah

Semua diminta sekolah, bekerja, dan beribadah di rumah
Menjaga jarak, kebersihan, dan kesehatan adalah perintah
Agar ia berhenti menyebar ke mana-mana, lalu musnah
Berharap angka kematian tak akan lagi menambah

Namun, setiap saat kutunggu kabar bahagia
Hatiku melukis harapan sambil kurapal doa-doa
Setiap hari kunantikan kabar gembira
Bersama harapan yang tak kunjung tiba

Tuhan, ternyata bertambah lagi tubuh yang dingin membeku
Bertambah lagi jiwa yang kembali pada-Mu
Karena adanya perpisahan memanglah takdir-Mu
Dan mungkin setelah ini adalah giliranku

Tapi bolehkah kucemaskan kematian tanpa adanya pelukan?
Juga proses penguburan yang sunyi di pemakaman
Bukan orang-orang tercinta yang mengantarkan
Melainkan petugas yang di dalam hatinya pun digeluti ketakutan

Tuhan, tariklah ia yang telah memahat sendu sedemikian
Biarkan ia pergi dari tubuh-tubuh yang terbaring menanti kesembuhan
Bila ia adalah peringatan, semoga telah Engkau cukupkan
Berikanlah kami ampunan atas segala dosa dan kesalahan

Palembang, 04 April 2020

Popular Posts