Sunday, 22 November 2020

7 Cara Mudah Menulis Artikel SEO

Jika kalian adalah seorang blogger atau seorang penulis artikel untuk website, tentunya artikel yang akan kalian tayangkan merupakan artikel yang harus berkualitas secara kaidah penulisan dan harus dapat memberikan performa baik di hasil mesin pencarian Google. Untuk itu, seorang blogger atau seorang penulis artikel harus menguasai cara menulis artikel SEO.

Apa itu SEO? Search Engine Optimization atau disingkat sebagai SEO adalah strategi mengoptimalkan laman web di mesin pencarian dengan teknik khusus yang telah ditentukan. Dengan teknik SEO laman web yang telah dioptimasi memungkinkan menempati urutan pertama di lama mensin pencarian dengan keyword tertentu. Dengan tujuan agar persentase pengunjung akan lebih besar.

Berikut 7 cara mudah menulis artikel SEO yang dapat kalian lakukan:

1. Pastikan Artikel Sudah Layak Baca

Cara menulis artikel SEO yang pertama kali ialah kalian harus sudah memastikan bahwa artikel yang akan ditayangkan merupakan artikel yang layak baca. Artikel yang layak baca setidaknya memenuhi salah satu unsur dari keempat unsur artikel, yaitu aktual, menarik, inspiratif, atau bermanfaat.

2. Perhatikan Kaidah Penulisan Artikel

Kaidah penulisan artikel sangatlah penting, apalagi untuk artikel SEO. Mulai dari penentuan tema, pemilihan judul, penggunaan kerangka tulisan, hingga kerapian dari tulisan itu sendiri. Jadi ketika kalian telah memperhatikan kaidah penulisan artikel, itu artinya kalian sudah melakukan cara membuat artikel yang benar.

3. Lakukan Riset Keyword

Dikarenakan SEO adalah teknik yang direkomendasikan oleh mesin pencarian, maka cara menulis artikel SEO selanjutnya yakni memilih keyword yang tepat. Sebab dengan keyword yang tepat, maka mesin pencarian akan lebih mudah menemukan artikel kalian. Seperti apa caranya? Sangat mudah.

Kalian cukup melakukan riset keyword. Kalkulasi keyword tersebut berdasarkan jumlah pencarian dan jumlah persaingan. Kalian bisa menggunakan Google Trends, Google Suggest, Uber Suggest, dan sebagainya. Kata yang diambil untuk keyword sebaiknya satu sampai empat kata saja ya.

4. Tentukan Keyword Utama dan Turunan

Setelah menemukan keyword yang tepat, selanjutnya kalian harus menentukan mana keyword yang akan menjadi keyword utama dan mana yang akan menjadi keyword turunannya. Untuk keyword turunan, kalian bisa menggunakan kata yang mirip atau sinonim dari keyword utama.

5. Terapkan Strategi Keyword

Cara menulis artikel SEO selanjutnya, kalian harus menerapkan strategi yang berkaitan dengan keyword yang telah kalian pilih. Strateginya yaitu:

- Letakkan keyword utama di 100 kata pertama artikel kalian.

- Sebarkan keyword. Dalam satu paragraf maksimal mengandung dua keyword saja.

- Keyword utama diulang minimal tiga kali dan keyword turunan minimal dua kali dalam satu artikel.

6. Masukkan Keyword Utama ke dalam Judul Artikel

Judul menjadi salah satu hal yang dapat memengaruhi artikel SEO. Selain judul yang menarik, judul pun harus mengandung keyword utama yang telah kalian pilih ya.

7. Utamakan Kenyamanan Pembaca (User Experience)

Salah satu hal penting di dalam cara membuat artikel yang benar, salah satunya adalah memerhatikan kenyamanan pembaca. Oleh sebab itu, cara terakhir dalam menulis artikel SEO adalah utamakan kenyamanan pembaca. Khusus untuk cara menulis artikel SEO ini, kalian harus menggunakan poin-poin dalam menulis artikel. Selain itu, dalam satu paragraf jangan sampai melebihi lima baris.

Itulah 7 cara yang dapat kalian praktikkan dalam menulis artikel SEO. Semoga bermanfaat. (MD)


No comments:

Post a comment

Popular Posts